GENERASI
MUDA DENGAN PENDIDIKAN
A.
Pengertian Generasi Muda
Masa muda pada umumnya dapat dipandang
sebagai suatu tahap dalam pembentukan kepribadian manusia dalam proses mencari
jati diri. Posisi generasi muda dalam masyarakat adalah sebagai penerus
cita-cita perjuangan bangsa, masa depan suatu bangsa ini terletak pada generasi
mudanya sebab merekalah yang nantinya menggantikan generasi sebelumnya dalam
memimpin bangsa. Suatu harapan yang sangat besar terhadap generasi muda ini.
Pada
sisi lain hal itu menimbulkan suatu tanggung jawab yang sangat besar yang harus
dipikul oleh generasi muda . Artinya generasi muda harus menjadi sosok yang
mampu memenuhi harapan tersebut. Oleh karena itu, hal-hal yang menghambat
kemajuan harus diganti dengan hal-hal baru sesuai dengan tuntunan dan
perkembangan masyarakat, yaitu dengan dibekali ilmu pengetahuan dan pengarahan
tentang pengembangan generasi muda menuju kepada penguasaan ilmu pengetahuan
dan keterampilan kerja . Salah satu cara dalam memperoleh bekal pengetahuan
tersebut dapat melalui pendidikan baik formal maupun nonformal baik itu
pendidikan dasar maupun pendidikan tinggi. Dengan bekal seperti itu setiap
pemuda Indonesia akan semakin bernilai dalam proses pembangunan. Dan makin
membenarkan arti serta makna “ Pemuda adalah Harapan Bangsa”.
Generasi
muda atau pemuda diaktakan sebagai tulang punggung negara. sering kali
dikatakan oleh kebanyakan orang nasib bangsa akan ditentukan oleh generasi
mudanya. oleh karena itu wancana-wancana mengenai nasionalisme maupun wawasan
kebangsaan menjadi sangat penting untuk memajukan generasi muda agar lebih
berkualitas.
B. Peranan Pemuda Dalam Menyongsong
Masa Depan Bangsa
Pemuda
adalah bagian dari masyarakat. seperti dikatan oleh I. Basis Susilo, bahwa
pemuda merupakan salah satu unit atau salah satu kelompok sosial dalam
masyarakat. keberadaan pemuda dalam politik domestik hampir disetiap negara,
pasti memiliki peran penting. sebagai contoh, perjuangan bangsa indonesia dalam
meraih kemerdekaan, mempertahankan kemerdekaan, ataupun saat perjuangan
menanamkan demokrasi di Indonesia, terdapat peran pemuda. seperti yang di
jelaskan oleh Masdiana, bila melihat ada sejarah perjalanan bangsa Indonesia.
kiprah kaum muda selalu mengikuti tapak-tapak penting sejarah. pemuda selalu
menjadi kekuatan utama dalam proses modernisasi dan perubahan.
peran generasi muda dalam kehidupan berbangsa dan
bernegara tidak hanya berkecimpung dalam persoalan kemerdekaan atau kental di
negara berkembang saja. Jepang sebagai negara maju, memposisikan generasi
mdanya sebagai unit yang penting untuk menentukan nasib bangsa kedepan.
Negara-negara maju termasuk jepang juga menanamkan terus nasionalisme dan
patriotisme di kalangan pemudanya.
Dengan kata lain generasi muda sangat berpengaruh
untuk menentukan masa depan bangsa. bila suatu negara sudah membimbing generasi
mudanya ke hal yang positif, bukan tidak mungkin negara tersebut akan mempunai
masa depan yang cerah.
Kondisi
kehidupan bangsa yang kurang menguntungkan serta kompleksnya permasalahan yang
dihadapi generasi muda sekarang ini menuntut adanya penyikapan dalam bentuk
peran aktif membangun tatanan berbagai aspek kehidupan sehingga mampu membangun
dan mengembangkan kembali sendi-sendi dasar kehidupan bangsa yang mampu membawa
pencerahan pembangunan bangsa Indonesia ke depan.
Urgensi
penyikapan pemuda yang kontekstual dengan permasalahan sekarang antara lain
sebagai berikut :
·
Meningkatkan integritas moral dan ketakwaan terhadap Tuhan YME dalam kerangka
membangun ketahanan mental dan nilai-nilai budaya bangsa dari ancaman pengaruh
budaya asing ( westernisasi ) yang semakin menggejala.
·
Memupuk Idealisme, Patriotisme, Cinta tanah air, Persatuan dan Kesatuan serta
solidaritas pemuda untuk memperkokoh tetap tegaknya Negara Kesatuan RI
berdasarkan Pancasila dan UUD 1945.
·
Meningkatkan kualitas SDM melalui penguasaan IPTEK memasuki era Globalisasi
yang diwarnai dengan tingginya tingkat kompetitif antar bangsa dan pasar bebas
(AFTA 2004).
·
Membangun motivasi wirausaha pemuda dalam rangka menumbuhkan kepeloporan dan
kemandirian pemuda secara social ekonomi.
·
Membangun tatanan kehidupan social budaya menuju terwujudnya masyarakat madani,
yakni masyarakat yang tertib demokratis, dan sejahtera lahir batin.
C. Potensi
Generasi Muda dalam Masyarakat
Generasi
muda adalah sebagai sumber daya manusia yang amat potensial bagi pembangunan,
menempati lapisan terbesar dalam anggota masyarakat. Sumber ini tidak penah
habis, satu kekayaan nasional yang tidak terhingga harganya. Menjadi berharga
kalau disiapkan sebagai kader pembangunan.
Berikut
adalah beberapa contoh potensi yang dimiliki oleh generasi muda :
·
Generasi Muda yang Progresif
Generasi
muda memiliki kecenderungan untuk bersikap antusias dalam menghadapi berbagai
isu, baik yang terkait langsung maupun tidak langsung dengan kehidupan mereka
sehari-hari. Selain itu, idealisme yang terkandung dalam jiwa dan pikiran
generasi muda memungkinkan generasi muda untuk memainkan peranan penting dalam
kelangsungan hidup berbangsa dan bernegara. Di sisi lain generasi muda yang
progresif adalah generasi muda yang mampu dan dapat berfikir kritis dalam
menghadapi realitas sosial politik yang sedang terjadi. Dengan memanfaatkan
potensi ini, diharapkan ada sebuah peluang untuk menciptakan masa depan yang
lebih damai bagi generasi berikutnya.
·
Generasi Muda yang Nasionalis
Nasionalisme
merupakan sikap dan tingkah laku individu atau masyarakat yang merujuk pada
loyalitas dan pengabdian terhadap bangsa dan negaranya. Namun, secara empiris,
nasionalisme tidak sesederhana definisi itu karena Nasionalisme adalah sebuah
ideologi yang dapat dilihat sebagai hasil peradaban manusia dalam menjawab
tantangan hidupnya. Dengan demikian, ideologi memiliki fungsi mempolakan,
mengkonsolidasikan dan menciptakan arti dalam tindakan masyarakat. Ideologi
yang dianutlah yang pada akhirnya akan sangat menentukan bagaimana generasi
muda memandang sebuah persoalan dan harus berbuat apa untuk mensikapi persoalan
tersebut.
D.
Tantangan dan Permasalahan Generasi Muda
Namun di samping itu setiap generasi senantiasa dihadapkan pada situasi, kondisi, tantangan dan permasalahan yang berbeda. Problem itu disebabkan karena akibat dari proses pendewasaan seseorang, penyesuaian dirinya dengan situasi yang baru timbulah harapan setiap pemuda akan mempunyai masa depan yang lebih baik dari pada orang tuanya.
Namun di samping itu setiap generasi senantiasa dihadapkan pada situasi, kondisi, tantangan dan permasalahan yang berbeda. Problem itu disebabkan karena akibat dari proses pendewasaan seseorang, penyesuaian dirinya dengan situasi yang baru timbulah harapan setiap pemuda akan mempunyai masa depan yang lebih baik dari pada orang tuanya.
Berbagai
macam permasalahan generasi muda yang muncul pada saat ini antara lain:
·
Menurunnya jiwa idealisme, patriotisme dan nasionalisme dikalangan masyarakat
termasuk jiwa pemuda.
·
Kekurang pastian yang dialami oleh generasi muda terhadap masa depannya.
·
Belum keseimbangannya antara jumlah generasi muda dengan fasilitas pendidikan
yang tersedia, baik yang formal maupun non formal.
·
Kekurangan lapangan dan kesempatan kerja serta tinggi nya tingkat pengangguran
dan setengah pengangguran dikalangan generasi muda mengakibatkan berkurangnya
produktifitas oleh nilai-nilai kekuasaan dan sebagainya.
·
Masih langkanya pengalaman-pengalaman yang dapat merelefansikan pendapat sikap
dan tindakanya dengan kenyataan yang ada.
Namun
dengan adanya kerjasama antar orang tua, sekolah/universitas, masyarakat, dan
pemerintah dalam menanggulangi masalah ini agar tercipta lingkungan yang kondusif,
maka generasi muda Indonesia senantiasa mampu menjawab setiap tantangan dan
permasalahan yang dihadapi pada zamannya.
Contoh
Hubungan Masyarakat dengan Generasi Muda
2 bulan yang lalu, saya bersama teman-teman pramuka saka bahayangkara polsek setu ,, mengajar pramuka disalah satu sekolahan, sebuah daerah terpencil di daerah setu tepatnya di ( cisaat ), bekasi. di sana saya melakukan pengajaran dasar dan teknik gerakan pramuka dengan cara memberikan materi dan contoh, saya merasa sangat senang bisa membagi ilmu dan pengalaman saya selama menjadi anggota saka bhayangkara polsek setu, disitulah tumbuh jiwa patriotnisme saya bagaimana sahabat” kita da saudara” kita sangat butuh ilmu pengetahuan.
2 bulan yang lalu, saya bersama teman-teman pramuka saka bahayangkara polsek setu ,, mengajar pramuka disalah satu sekolahan, sebuah daerah terpencil di daerah setu tepatnya di ( cisaat ), bekasi. di sana saya melakukan pengajaran dasar dan teknik gerakan pramuka dengan cara memberikan materi dan contoh, saya merasa sangat senang bisa membagi ilmu dan pengalaman saya selama menjadi anggota saka bhayangkara polsek setu, disitulah tumbuh jiwa patriotnisme saya bagaimana sahabat” kita da saudara” kita sangat butuh ilmu pengetahuan.
Kesimpulan
saya adalah : Pemuda merupakan satu identitas yang potensial sebagai penerus
cita-cita perjuangan bangsa dan sumber insani bagi pembangunan Negara bangsa
dan agama. Selain itu pemuda/mahasiswa mempunyai peran sebagai pendekar
intelektual dan sebagai pendekar sosial yaitu bahwa para pemuda selain
mempunyai ide-ide atau gagasan yang perlu dikembangkan selain itu juga berperan
sebagai perubah Negara dan bangsa ini. Oleh siapa lagi kalau bukan oleh
generasi selanjutnya maka dari itu para pemuda harus memnpunyai ilmu yang
tinggi dengan cara sekolah atau dengan yang lainnya, dengan begitu bangsa ini
akan maju aman dan sentosa.
No comments:
Post a Comment