Sumber
Bacaan: Depdiknas. 2004. Pedoman Merancang Sumber Belajar. Jakarta. Penulis ;
Drs. Daryanto, Widyaiswara Departemen Edukasi, PPPPTK BOE/VEDC Malang.... Baca
Selengkapnya di : http://www.m-edukasi.web.id/2013/06/sumber-belajar-untuk-mengefektifkan.html
1. Apa sumber belajar itu?
Sumber belajar
(learning resources) adalah semua sumber baik berupa data, orang dan wujud
tertentu yang dapat digunakan oleh peserta didik dalam belajar, baik secara
terpisah maupun secara terkombinasi sehingga mempermudah peserta didik dalam
mencapai tujuan belajar atau mencapai kompetensi tertentu.
2. Apa fungsi sumber belajar?
Sumber belajar memiliki fungsi : 1) Meningkatkan produktivitas
pembelajaran dengan jalan: (a) mempercepat laju belajar dan membantu guru untuk
menggunakan waktu secara lebih baik dan (b) mengurangi beban guru dalam
menyajikan informasi, sehingga dapat lebih banyak membina dan mengembangkan
gairah. 2) Memberikan kemungkinan pembelajaran yang sifatnya lebih individual,
dengan cara: (a) mengurangi kontrol guru yang kaku dan tradisional; dan (b)
memberikan kesempatan bagi siswa untuk berkembang sesuai dengan kemampuannnya.
3) Memberikan dasar yang lebih ilmiah terhadap pembelajaran dengan cara: (a)
perancangan program pembelajaran yang lebih sistematis; dan (b) pengembangan
bahan pengajaran yang dilandasi oleh penelitian. 4) Lebih memantapkan
pembelajaran, dengan jalan: (a) meningkatkan kemampuan sumber belajar; (b)
penyajian informasi dan bahan secara lebih kongkrit. 5) Memungkinkan belajar
secara seketika, yaitu: (a) mengurangi kesenjangan antara pembelajaran yang
bersifat verbal dan abstrak dengan realitas yang sifatnya kongkrit; (b)
memberikan pengetahuan yang sifatnya langsung. 6) Memungkinkan penyajian
pembelajaran yang lebih luas, dengan menyajikan informasi yang mampu menembus
batas geografis. Fungsi-fungsi di atas sekaligus menggambarkan tentang alasan
dan arti penting sumber belajar untuk kepentingan proses dan pencapaian hasil
pembelajaran siswa 3.