Slawi – Bertempat di
SDN Slawi Kulon 03, Sabtu 23 November 2013 KKG Kihajar Dewantara mengadakan
kegiatan rutin KKG. Pada pertemuan kali ini mengupas materi hasil sosialisasi
pemanfaatan TIK bagi pembelajaran siswa. Acara di buka oleh ketua KKG Bapak Munawir,S.Pd.SD dan pemandu
materi Bapak Himawan Rosyidi,S.Pd. Berikut ringkasan materi tersebut.
Rumah Belajar
adalah portal pendidikan yang
menyediakan bahan belajar dan fasilitas komunikasi dan interaksi antar
komunitas pendidikan. Portal ini berisi bahan ajar untuk Guru , bahan belajar
siswa, wahana aktivitas komunitas /
forum , bank soal dan katalog media pembelajaran. Pemanfaatan Rumah
Belajar ditujukan untuk siswa, guru, dan masyarakat luas.
Fasilitas Utama -
Tersedia
1.
PELAKSANAAN
PEMBELAJARAN.
Guru dapat mendownload dan mengupload
materi rancangan pembelajaran (RPP)
2.
BAHAN
BELAJAR.
Guru dapat mendownload multimedia pembelajaran
seperti:materi pokok, modul online, animasi, simulasi, video, audio, buku
elektronik.
3. AKTIVITAS
BELAJAR (FORUM –
KELAS MAYA – BIMBINGAN BELAJAR)
. Forum interaktivitas pembelajaran, mencakup; forum
guru mata pelajaran, forum siswa, forum bimbingan belajar baik sinkronus maupun
asinkronus
4. BANK SOAL.
Sarana
evaluasi belajar berisi kumpulan soal, yang terbagi ke dalam dua kategori,
yakni;
-
Soal-soal
latihan interaktif di mana siswa dapat memilih materi atau topik tertentu yang diminatinya.
-
Soal-soal
ujian, try out sesuai dengan bidang studi
5.
KATALOG
MEDIA pembelajaran,
terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dapat
dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun
di buka langsung dari portal rumah belajar.
- PETA MATERI
Dasar untuk menentukan dan mengembangan Learning Object (Obyek
Pembelajaran)
- PETA BUDAYA NUSANTARA
- Informasi budaya nusantara dari 33 provinsi Guru yang terdiri dari bahasa, pakaian adat, tari tradisional, rumah adat, dan arsitektur tradisional.
- LIVE STREAMING
- Menikmati tayangan tv Edukasi (chanel 1 dan 2), radio Edukasi secara online via internet streaming.
- GAME EDUKASI
- Game Online sebagai sarana memperkenalkan budaya nusantara sambil bermain
- KARYA KOMUNITAS pembelajaran, terdiri dari; teks, grafis, foto, video, audio, dan animasi yang dibuat oleh komunitas (guru dan siswa) dapat dimanfaatkan langsung dalam proses pembelajaran dengan cara di unggah ataupun di buka langsung dari portal rumah belajar.
No comments:
Post a Comment