Tuesday, August 20, 2013

Marching Band SDN Slawi Kulon 03 Ikuti Karnaval HUT Kemerdekaan RI Ke-68



Slawi. Siswa-siswi sekolah kita yang tergabung dalam Marching Band SD Negeri Slawi Kulon 03, Selasa,20 Agustus 2013 mengikuti Karnaval Hari Ulang Tahun (HUT) Kemerdekaan RI ke-68 yang digelar oleh Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Tegal. Karnaval yang diikuti masyarakat umum,instansi pemerintah pemerintah/Swasta maupun berbagai organisai profesi maupun umum turut serta memeriahkan puncak acara HUT tersebut.

Dimulai dari depan Gedung KORPRI, jalan Dr Soetomo Slawi, peserta bergerak menuju ke Markas Brigif IV Dewa Ratna-RSUD Dokter Soeselo-Slawi Pos-Masjid Agung dan berakhir di depan Masjid Agung Slawi. Peserta harus menempuh jarak sekitar 5 kilometer guna menelusuri perayaan karnaval itu.
Mulai dari marching band hingga pakaian adat, aparat keamanan hingga tari-tarian ditampilkan peserta dalam perayaan karnaval yang dimulai sekitar pukul 13.00 tersebut. Kegiatan ini mendapatkan apresiasi yang tinggi dari masyarakat Kabupaten Tegal. Sepanjang jalan yang menjadi rute karnaval itu dipadati oleh ribuan warga yang menonton dari jarak dekat itu.
 Marching Band SDN Slawi Kulon 03 pada pelaksanaan karnaval tersebut menampilkan yang terbaik, sehingga berdasarkan pantaun penulis,Marchingband SDN Slawi Kulon 03 mendapat perhatian dan apresiasi yang besar dari para warga yang menonton. Hal ini nampak dari banyaknya penonton yang yang mengambil dokumentasi foto maupun video saat siswa-siswa kita meampilkan kebolehnya. Animo positip yang sangat besar dari masyarakat kemungkinan besar disebabkan karena prestasi terbaik yang pernah Marching Band SDN Slawi Kulon 03. Dan juga atraksi yang sangat bagus yang ditampilkan Mayoret maupun pemain instrumental putra-putri kita ini.















Sunday, August 18, 2013

Materi PKN SD : Pemahaman Tentang Demokrasi



 
a.  Pengertian Demokrasi
Demokrasi berasal dari bahasa  Yunani,  yaitu  demos  dan  cratos
atau  cratein.  Demos  artinya  rakyat  yang tinggal  di  suatu tempat
(wilayah).  Cratos  atau  cratein  artinya  kekuasaan. Demokrasi berarti
rakyat yang berkuasa.  Demokrasi merupakan  suatu pemerintahan yang
kekuasaan  tertinggi  dipegang oleh  rakyat  (government or rule by the
people). Saat ini demokrasi telah dikenal dan dianut oleh negara-negara
di dunia. Popularitas demokrasi tidak  terlepas dari pendapat Abraham
Lincoln,  Presiden Amerika Serikat tahun  1861–1865,  yang menyatakan
bahwa demokrasi adalah  pemerintahan dari rakyat, oleh rakyat,  dan
untuk rakyat  (government from the people, by the people,  and for the
people).
Berdasarkan pengertian  di atas, maka demokrasi dapat diartikan
sebagai bentuk pemerintahan di mana kekuasaan tertinggi (kedaulatan)
berada di tangan  rakyat.  Demokrasi dapat  dilaksanakan baik secara
langsung  (direct democracy) atau  tidak langsung  (indirect democracy).
Disebut demokrasi langsung apabila rakyat melaksanakan kekuasaan
pemerintahan secara langsung. Disebut demokrasi  tidak langsung
(indirect democracy), apabila kekuasaan pemerintahan dilaksanakan
oleh para wakil  rakyat  yang dipilih melalui pemilan umum  secara
periodik.
Negara dengan sistem pemerintahan demokrasi  mengatur dan
membagi  semua kekuasaan  yang ada  berdasarkan konstitusi (hukum
dasar), baik yang tertulis (undang-undang dasar) maupun yang tidaktertulis (konvensi). Pengaturan berdasarkan konstitusi tersebut bertujuan
untuk menghindari terjadinya penyalah-gunaan kekuasaan oleh para
wakil rakyat yang dipercaya demi kepentingan diri sendiri dan/atau
kelompoknya. Pemerintahan demokrasi memberikan jaminan
perlindungan kepada rakyat berdasarkan konstitusi  untuk
mengekspresikan kemampuannya dalam berbagai aspek kehidupan
secara bebas dan bertanggung-jawab sebagai wujud partisipasinya
dalam kegiatan kenegaraan. 

Saturday, August 17, 2013

PERAN INDONESIA DALAM KERJA SAMA EKONOMI INTERNASIONAL


1.  Pendahuluan
Semua bangsa di dunia merupakan warga dunia. Kemajuan teknologi
membuat semua warga dunia saling berhubungan dan menjadi bagian yang tak
terpisahkan. Istilah globalisasi berkaitan  erat  dengan kata “globe”. Istilah
globalisasi muncul bersamaan dengan berkembangnya teknologi yang semakin
modern. Kemajuan teknologi membuat batas  antarnegara  tidak terasa lagi. Jarak tidak lagi menjadi hambatan untuk berkomunikasi. Peristiwa yang terjadi di belahan bumi yang satu dapat disaksikan di belahan bumi yang lain.  Globalisasi dapat berarti mendunia. Globalisasi menyebabkan minuman ringan dalam kemasan, seperti  orange juice,  Coca Cola, maupun alat komunikasi misalnya HP yang diproduksi oleh negara lain, dapat dengan mudah dikunsumsi oleh warga negara di seluruh dunia.
Globalisasi telah mendorong pelaksanaan perdagangan internasional
menjadi semakin pesat.  Perdagangan internasional merupakan salah satu bentuk
kerja sama ekonomi antarnegara. Setiap negara di dunia semakin sadar akan
perlunya kerja sama antarbangsa, tidak hanya terbatas pada perdagangan saja,
namun  meluas pada usaha-usaha untuk ikut aktif dalam pembangunan ekonomi.
Atas kesadaran tersebut, muncul bermacam-macam lembaga kerja sama ekonomi
baik dalam bentuk bilateral  regional, maupun internasional.  Dinamika
perekonomian dunia turut memberi warna pada sistem perekonomian yang
diterapkan Indonesia  pada era globalisasi, sehingga terjadi  perubahan  sistem
perekonomian yang riil diterapkan di Indonesia dari yang diamanatkan dalam UUD 1945.

Wednesday, August 7, 2013

SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H


TAQOBALALLAH MINNA WA MINKUM MINAL AIDZIN WAL FAIZIN.
KAMI KELUARGA BESAR SD NEGERI SLAWI KULON 03 MENGUCAPKAN SELAMAT HARI RAYA IDUL FITRI 1434 H MOHON MAAF LAHIR DAN BATIN.

KEPALA SDN SLAWI KULON 03 

YULIHANTO,S.Pd
NIP.19630719 198405 1 001

Wednesday, July 31, 2013

SDN SLAWI KULON 03 GELAR BUKA PUASA BERSAMA DAN SHALAT TARAWIH



Slawi – SD Negeri Slawi Kulon 03 menggelar buka puasa bersama. Kegiatan ini diselenggarakan pada Rabu, 31 Juli 2013 di halaman teras depan sekolah. Kegiatan terselenggara berkat dukungan dari siswa, orang tua dan segenap dewan guru, kepala sekolah dan komite sekolah..
Kegiatan buka puasa ini berlangsung tertib dan khusu dengan diawali pembacaan Tadarus Alquran oleh siswa-siswi SDN Slawi Kulon 03.
Pada kultum hikmah Ramadhan, Bapak Al Ustad Mahruri,S.Pd mengungkapkan bahwa kegiatan ini sebagai ajang mempererat silatuhrahmi.” Momentum Ramadhan ini kita manfaatkan semaksimal mungkin untuk mendekatkan diri kepada Allah SWT, agar kiranya kita diberi keberkahan dalam menuntut ilmu, ” pesannya.
Setelah Siswa mendengarkan Ceramah Rokhani Islam. Tepat waktu Maghrib siswa-siswi menyegerakan membatalkan puasa dengan menikmati perbekalan yang dibawanya. Dilanjukan dengan shalat Maghrib berjamaah dan Shalat Tarawih berjamaah.










Wednesday, July 24, 2013

Macam-Macam Metode Pembelajaran



Penulis : Hariyanto, S.Pd   Sumber Situs : Belajarpsikologi.Com

Pada dasarnya guru adalah seorang pendidik. Pendidik adalah orang dewasa dengan segala kemampuan yang dimilikinya untuk dapat mengubah psikis dan pola pikir anak didiknya dari tidak tahu menjadi tahu serta mendewasakan anak didiknya. Salah satu hal yang harus dilakukan oleh guru adalah dengan mengajar di kelas. Salah satu yang paling penting adalah performance guru di kelas. Bagaimana seorang guru dapat menguasai keadaan kelas sehingga tercipta suasana belajar yang menyenangkan. Dengan demikian guru harus menerapkan metode pembelajaran yang sesuai dengan karakteristik peserta didiknya.
Tiap-tiap kelas bisa kemungkinan menggunakan metode pembelajaran yang berbeda dengan kelas lain. Untuk itu seorang guru harus mampu menerapkan berbagai metode pembelajaran. Disini saya akan memaparkan beberapa metode pembelajaran menurut Ns. Roymond H. Simamora, M.Kep yang dapat kita digunakan.
Macam-Macam Metode pembelajaran :
1. Metode Ceramah
Metode pembelajaran ceramah adalah penerangan secara lisan atas bahan pembelajaran kepada sekelompok pendengar untuk mencapai tujuan pembelajaran tertentu dalam jumlah yang relatif besar. Seperti ditunjukkan oleh Mc Leish (1976), melalui ceramah, dapat dicapai beberapa tujuan. Dengan metode ceramah, guru dapat mendorong timbulnya inspirasi bagi pendengarnya.
Gage dan Berliner (1981:457), menyatakan metode ceramah cocok untuk digunakan dalam pembelajaran dengan ciri-ciri tertentu. Ceramah cocok untuk penyampaian bahan belajar yang berupa informasi dan jika bahan belajar tersebut sukar didapatkan.
Metode pembelajaran diskusi adalah proses pelibatan dua orang peserta atau lebih untuk berinteraksi saling bertukar pendapat, dan atau saling mempertahankan pendapat dalam pemecahan masalah sehingga didapatkan kesepakatan diantara mereka. Pembelajaran yang menggunakan metode diskusi merupakan pembelajaran yang bersifat interaktif (Gagne & Briggs. 1979: 251).
Menurut Mc. Keachie-Kulik dari hasil penelitiannya, dibanding metode ceramah, metode diskusi dapat meningkatkan anak dalam pemahaman konsep dan keterampilan memecahkan masalah. Tetapi dalam transformasi pengetahuan, penggunaan metode diskusi hasilnya lambat dibanding penggunaan ceramah. Sehingga metode ceramah lebih efektif untuk meningkatkan kuantitas pengetahuan anak dari pada metode diskusi.

Sunday, June 30, 2013

SDN SLAWI KULON 03 REBUT JUARA I PADA AJANG LOMBA SISWA BERPRESTASI DAN LOMBA BERCERITA TINGKAT KEC. SLAWI 2013



Slawi- Adik-adik pada posting kali ini penulis akan menyampaikan hasil perlombaan Siswa berprestasi SD/MI Tahun 2013  dan lomba Bercerita yang baru-baru ini diselenggarakan oleh Panitia Lomba Siswa  Berprestasi Tingkat  Kecamatan Slawi dan Panitia Lomba Sinopsis UPTD Dikpora Kec. Slawi.  Puji Syukur bahwa peserta dari SDN Slawi Kulon 03 yaitu Ananda Diana Danuretsa  ( Kategori Putri ) dan dan Juan Pradana ( Kategori Putra )  keduanya mampu meraih juara 1 pada lomba tersebut. Merupakan prestasi yang sangat luar biasa karena harus menyisihkan peserta-peserta terbaik dari sekitar 45 Sekolah Dasar di Kecamatan Slawi. Dengan demikian SDN Slawi Kulon 03 melaju ke tingkat Kabupaten.  Disamping itu  pada waktu yang berdekatan pada lomba Bercerita tingkat Kecamatan Slawi Ini pun Siswi SDN Slawi Kulon 03 yakni Ananda  Diana Danuresta mampu meraih Juara I dan berhak melaju ke Tingkat kabupaten.  Ibu Sunarmi,S.Pd selaku  guru kelas 5 dan sekaligus  guru pembimbing lomba siswa, mengungkapkan bahwa “ Prestasi ini berkat  kerja keras siswa,juga bimbingan baik dari pihak sekolah maupun orang tua.. Mudah-mudahan  dengan prestasi yang luar biasa ini dapat memotivasi siswa lain untuk lebih berprestasi”.lanjut beliau.