Sunday, January 19, 2014

KKG KIHAJAR DEWANTARA : PKG



Slawi - Penilaian kinerja guru merupakan penilaian dari tiap butir kegiatan tugas 
utama guru dalam rangka pembinaan karier kepangkatan dan jabatannya.(PermennegPAN & RB No. 16/2009). PKGuru menjamin bahwa guru melaksanakan pekerjaannya secara profesional . PKGuru menjamin bahwa layanan pendidikan yang diberikan oleh guru adalah berkualitas . Pada Hari Sabtu, 11 Januari 2014 KKG Kihajar Dewantara menyelenggarakan acara rutin yakni Kegiatan KKG. Pertemuan kali ini membahas materi seputar Penilaian Kinerja Guru.Hadir pada acara tersebut Bapak/Ibu Pengawas TK/SD/SDLB UPTD Dikpora Kecamatan Slawi Bapak Drs. Any Asmara dan Ibu Widih Sumbaryati,S.Pd serta segenap Kepala Sekolah dan Guru Kelas 1 s.d Kelas 6 di Gugus Kihajar Dewantara. Acara dibuka oleh Ketua Gugus Kihajar Dewantara  Bapak Yulihanto,S.Pd dilanjutkan Sambutan dari Bapak Drs Any Asmara selaku Pengawas Dabin Gugus Kihajar Dewantara. Kemudian acara inti Materi PKG dipandu oleh Ibu Widih Sumbaryati,S.Pd dan Bapak Mahruri,S.Pd.I

Perlu diketahui bahwa Hasil PK Guru merupakan bahan evaluasi diri bagi guru untuk mengembangkan potensi dan karirnya .

 
 Sebagai acuan bagi sekolah untuk merencanakan Pengembangan Keprofesian Berkelanjutan (PKB). Merupakan dasar untuk memberikan nilai prestasi kerja guru dalam rangka pengembangan karir guru sesuai Permennegpan & RB No.16/2009 .Penilaian dilakukan oleh kepala sekolah atau guru senior (guru pembina) yang kompeten, telah mengikuti pelatihan penilaian dan ditunjuk oleh kepala sekolah .
 Dimungkinkan pengawas mensupervisi kegiatan penilaian kinerja di sekolah . Penilaian kinerja dilakukan sekali dalam rentang 2 semester (pada akhir semester ke 2).
 Diawali dengan Evaluasi Diri (pada awal semester ke 1). Penilaian kinerja Kompetensi Kepribadian dan Kompetensi Sosial dilaksanakan oleh sekolah melalui pengamatan dan pemantauan selama rentang waktu 2 semester. 

No comments:

Post a Comment