Wednesday, January 29, 2014

MENYUSUN KARANGAN



Slawi – Adik-adik siswa-siswi SDN Slawi Kulon 03 yang penulis cintai dan banggakan, bagaimana kabarnya ? Bagaimana belajar kalian ? Masih rutin ... bagus.... O, ia adik-adik, pada kesempatan kali ini penulis akan  memposting tentang  Bagaimana cara menyusun  karangan yang baik ?.. Apakah kalian suka membuat karangan ? Yach...Jempol, buat kalian semua.... Adik-adik sebenarnya banyak sekali peristiwa yang terjadi di sekitar kita atau yang kita alami. Peristiwa demi peristiwa tersebut dapat kita tuangkan menjadi sebuah karangan.
 Dalam menyusun peristiwa demi peristiwa yang terjadi atau yang kita alami menjadi sebuah karangan kita harus memperhatikan cara-cara menyusun karangan sebagai berikut :

 
1.     Pilihlah salah satu topik.  Apakah kamu tahu apa itu Topik karangan itu ? Ya, betul. Topik karangan adalah gagasan inti yang dijadikan landasan pengembangan karangan.

2.     Membuat kerangka karangan. Kerangka karangan merupakan garis besar dari isi karangan.

3.     Mengembangkan kerangka karangan menjadi paragrap. Dalam mengembangkan kerangka dapat dilakukan dengan menambahkan beberapa kalimat penjelas dari kalimat utama.

4.     Rangkailah paragrap yang kamu buat agar menjadi cerita atau karangan. Paragraf yang disusun harus runtut dan saling berhubungan maknanya.

Perlu diketahui bahwa dalam menyusun karangan pun harus memperhatikan penggunaan EYD. Ejaan tersebut antara lain penggunaan huruf kapital dan tanda baca yaitu tanda titik dan koma.




No comments:

Post a Comment